Tak Berkategori

Ikuti Langkah ini, Temukan Pekerjaan Sampingan yang Pas untuk Kamu

Hidup di zaman dengan nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap Dolar Amerika lumayan berat. Barangkali penghasilan bulanan yang kamu peroleh dari pekerjaan utamapun tidak mencukupi. Beberapa cara ditempuh untuk mencari solusi. Salah satunya pekerjaan sampingan yang dilirik untuk mengatasi masalah ekonomi tersebut.

Banyaknya ragam pekerjaan sampingan yang ada, tidak jarang membuat kita kebingungan memilih. Bekerja part time, online, bekerja di akhir pekan, bekerja freelancer, dan bisnis sampingan adalah beberapa pilihan yang patut dipertimbangkan.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggeluti salah satu kerja sampingan di atas, berikut aku kasih bocoran persiapan sebelum terjun menggandeng pekerjaan utama dan sampingan kamu.

Cari Kerja Sampingan Surabaya
Copyright : peluangusaha-surabaya.blogspot.com

1. Mengidentifikasi permasalahan

Apakah gaji kamu tidak mencukupi kebutuhan bulanan kamu? Atau gaji dari kerja utama kamu sudah memenuhi kebutuhan, tapi kamu ingin berinvestasi untuk kebutuhan jangka panjang ?

Apakah kamu merasa hampa selama waktu yang kamu habiskan bekerja di pekerjaan utama kamu? Mungkin kamu butuh tantangan baru di bidang berbeda dari pekerjaan utama kamu, tapi kamu belum mau goodbye dari pekerjaan utama kamu.

Apakah kamu ingin membangun karir di bidang lain, tapi tidak cukup percaya diri untuk melepaskan pekerjaan utama yang sudah kamu bangun lama?

Sebelum kamu memilih jenis pekerjaan sampingan yang akan digeluti nanti. Tentukan dahulu trigger apa yang membuat kamu mau mengambil pekerjaan sampingan. Kalau kamu tau masalahnya, kamu bakalan lebih tahu arah untuk mencari solusinya.

Misalnya jika permasalahan utama kamu adalah finansial. Maka, kamu akan berfokus memilih pekerjaan sampingan yang memberikan nominal rupiah terbaik yang kamu butuhkan.

2. Memahami karakter dan kepribadian diri kamu

Punya dua pekerjaan dengan bidang yang berbeda, tentu akan menguras tenaga dan pikiran. Apakah kamu sudah siap dengan itu? Jika kamu sulit membagi fokus, jangan memaksakan diri kamu untuk melakukannya. Tapi, carilah pekerjaan sampingan yang bisa menyesuaikan dengan diri kamu.

Misalnya kamu adalah pekerja kantor dengan jadwal kerja shift. Kamu sadar bahwa kamu tidak hebat dalam membagi fokus dengan dua pekerjaan. Kamu bisa mengusulkan kerja longshift di waktu tertentu untuk menambah pendapatan kamu. Tentunya jika masalah pendapatan adalah trigger kamu ya.

3. Memahami situasi lingkungan keluarga kamu

Bagaimanapun kita paham dengan karakter kita, urusan memilih pekerjaan akan menyangkut dengan orang terdekat, terutama keluarga. Karena kita hidup di dunia realita.

Jika kita melanjutkan ilustrasi sesuai poin kedua tadi. Kondisi keuangan yang menjepit, kamu yang tidak bisa fokus dengan banyak kerjaan, ditambah dengan keluarga yang  masih membutuhkan peran kamu. Terutama kalau kamu punya keluarga kecil dan bayi mungil yang butuh didikan orang tuanya. Maka, bekerja longshift ada baiknya kamu jadwalkan atau kamu perkiraan waktunya yang tepat. Misalnya hanya dua kali longshift dalam seminggu. Agar kebutuhan tetap terpenuhi dan keluarga tidak kehilangan kamu hanya karena keasikan bekerja.

4. Pandangan kamu ke masa depan untuk pekerjaan sampinganmu

Manusia makhluk sempurna ciptaan tuhan yang mempunyai banyak keinginan. Ketika kamu mempunyai masalah keuangan dan ingin mencari uang tambahan, seiring  berjalan waktu ketika uang tambahan itu sudah kamu dapatkan. Kamu tentu akan memiliki keinginan yang lebih lainnya.

Misalnya kamu ingin memiliki bisnis sendiri kelak jika kamu keuanganmu mencukupi kebutuhan kamu dan telah mencukupi modal untuk usaha. Sebaiknya hal itu sudah kamu perhitungkan sejak awal saat memulai pekerjaan sampingan. Agar uang yang kamu peroleh tidak dikelola sembarangan dan menyisahkan kepenatan tidak berujung hingga kamu renta. Jadi jangan lupa rencanakan masa depan juga ya.

5. Berdoa

Sebaik-baik manusia berencana,  selalu ada Allah yang menentukan. Bagaimanapun takdir kamu sudah ditetapkan, jika kamu berusaha dan berdoa tentu Allah tidak segan untuk memberikan keinginan kamu.

Selain tahap yang sudah aku paparkan di atas, kamu masih bisa bereksplorasi sesuai kondisi yang kamu hadapi saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s