Tak Berkategori

Cover Lagu, Plagiatkah?

Pedangdut Via Vallen ditegur oleh Jerinx Superman Is Dead karena telah mencover lagu SID tanpa izin.

images (8)
Copyright http://www.tribunnews.com

Jika teman teman menyangka tulisan ini akan berujung pembelaan kepada salah satu kubu, tentu saja salah. Daripada berspekulasi yuk lanjutin bacanya.

Semenjak mulai mengonsentrasikan diri ke penullisan, aku sedikit gugup. Karena menulis tidak semudah kelihatannya. Akan mudah jika hanya cuap cuap tak bermakna. Tapi tulisan dengan makna tentu butuh waktu untuk melahirkannya.

Sepanjang tahapku untuk menulis sampai saat tulisan ini lahir, aku masih kesulitan. karena harus menguras ide untuk kepenulisan. beberapa cara sudah kucoba. Mencari inspirasi dari blog tetangga, membaca beberapa buku, ide menulis dari keseharian, sampai aku tersasar kelamunan “wah asik banget orang yang ingin meniti karir di tarik suara,” begitulah pikiran sumbangku saat entah kapan itu.

Yuk, lanjut bacanya.

Meskipun belum kubuktikan sendiri, Aku percaya apapun bidang yang ingin kamu geluti jika ingin berhasil, rahasianya cuma satu yaitu pertinggi jam terbang. Nah, itu juga yang membuatku iri dengan orang di dunia tarik suara. Mereka tidak perlu kesulitan menciptakan lagu untuk mempertinggi jam terbangnya.

Aku yakin teman-teman bisa menyebutkan beberapa orang yang dikenal dengan kepiawaiannya dalam olah vokal. Meskipun mereka belum memiliki lagu sendiri, tapi berkat kemampuannya dalam menyajikan lagu dengan caranya. Mereka mampu memberikan daya tarik hingga menghipnotis penonton.

Lantas, apakah selama ini ada kasus yang diangkat hanya karena masyarakat biasa mencoba menyanyikan ulang sebuah lagu? satu pertanyaan yang mencuat lagi dibenakku,” Apakah setiap penyanyi orgen di pesta itu selalu meminta izin pemilik lagu untuk mendendangkannya?”.

Jika kondisi yang sama kita terapkan sebagai usaha untuk berlatih menjadi seorang penulis. Menurut kamu apakah tidak akan ada tuntutan penjiplakan dari penulis asli?

Menurutku, sah sah saja kita memncari inspirasi dari tulisan orang lain. Tapi ada kuncinya. Kamu boleh baca tulisan orang lain, kamu terinspirasi. Kemudian kamu tuliskan dalam gaya bercerita kamu sendiri.

Dan itu salah satu konsep yang cukup mirip dengan ide cover lagu. Dimana kamu berlatih menulis atau bernyanyi dengan lagu atau tulisan yang pernah ada, namun tetap dalam kekhasan kamu dalam menyajikannya. Lagian juga dalam kepenulisan ada metode kutipan dimana kamu masih bisa menyajikan sedikit tulisan penulis asli dengan mencantumkan sumbernya. Hal yang sama saat orang-orang mencover lagu dengan tetap menuliskan siapa penyanyi yang mempopulerkan lagu yang dibawakannya tersebut.

Well sampai disini hanya pendapat pribadi aku sih. Yuk kita liat lebih jauh.

Terlepas dari perasaan iri dengan para pejuang  dunia tarik suara,  aku yakin juga kalau mereka juga punya perjuangan sendiri yang gak semudah apa yang aku bayangin.

Jadi, semangat ya untuk semua yang ingin berkarya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s