Ayo! Kita Jadikan  Indonesia Juara dengan Dukung Bersama  Atlet Asian Games 2018

Ayo! Kita Jadikan  Indonesia Juara dengan Dukung Bersama  Atlet Asian Games 2018

Dukungan. Bagiku adalah kepercayaan. Ketika seseorang memberikanmu semangat. Semangat agar kamu berjuang mendapatkan apa yang kamu dapatkan. Mereka yakin kamu bisa meraihnya. Begitulah yang terjadi pada wanita yang belakangan ini baru kukenal, Yunita Fytry. Ayu nama sapaannya. Seorang Atlet Bridge Nasional. Sebuah bidang olahraga otak yang dimainkan berpasangan menggunakan kartu remi tanpa joker sebagai alat bantunya. Aku terkagum dengan sosoknya. Gadis minang yang cerdas. Wanita dengan karir cemerlang. Ayu butuh empat tahun saja, sejak tahun 2012 untuk mengukuhkan dirinya menjadi anggota tim nasional (timnas)  atlet Bridge.

Copyright nocindonesia.org.jpg
Copyright/nocindonesia.org

Turnamen pertama yang dilakoninya yaitu saat ia baru tiga bulan menekuni olahraga ini. Saat itu ia kalah telak dengan skor 25-1. Kekalahannya itu menjadi hal yang begitu ia kenang. Karena ia berhadapan dengan pasangan timnas Bridge Indonesia. Tapi, kini tim yang dulu membuatnya kalah telak itu, telah menjadi rekan-rekannya untuk bersama memperjuangkan emas Asian Games.

Ayu disebut sebagai atlet yang cukup cepat dalam karirnya. Namun, ia tidak terlepas dari kesulitan selama berjuang menjadi atlet. Ia yang mengawali karir di Sumatera Barat harus pindah ke Jawa Tengah untuk melanjutkan studinya di tahun 2014. Setelah menghubungi beberapa kontak. Usahanya berhasil. Akhirnya ia bisa berlatih lagi dengan tim yang baru di Jawa Tengah. Sumatera Barat dan Jawa Tengah adalah dua provinsi yang penting baginya. Sumatera Barat sebagai kota yang pertama kali memberikan kesempatannya untuk belajar Bridge. Sementara Semarang sebagai kota yang membuatnya semakin yakin untuk memperdalam bridge.

Kesulitan itu datang lagi di pertengahan tahun 2015. Kesetiaannya terhadap Sumatera Barat dan Jawa Tengah diuji saat akan diadakannya kejuaraan nasional tingkat provinsi di Aceh tahun 2015. Ayu yang telah berjanji untuk menjadi perwakilan Sumatera Barat saat itu, mendapat tawaran untuk mewakili Jawa Tengah. Kacang tidak lupa kulitnya. Semangat untuk membela daerah asal yang dimilikinya  membuat Ayu yakin untuk menolak tawaran dari Jawa Tengah.

Setiap keputusan selalu ada resiko. Itu juga yang terjadi pada Ayu. Keputusannya menjadi wakil Sumatera Barat membuatnya sulit berlatih. Karena setiap latihan bridge dibutuhkan tim berpasangan. Posisi Ayu sudah dilengkapi orang lain untuk tim dari Jawa Tengah. Sehingga, Ia harus rela datang latihan tanpa ikut latihan. Karena meskipun ia menjadi wakil dari Sumatera Barat, kondisi membuatnya harus tetap tinggal di Jawa Tengah saat itu. Ia hanya menonton jalannya pertandingan tanpa menjadi pemain.  Bahkan saat ada beberapa turnamen di Semarang, Ia hanya menjadi pemain cadangan. Sedih iya. Bagaimana tidak? Ia sudah biasa berlatih dengan rekannya itu. Kini ia hanya bisa memandang dari kejauhan.

Tibalah saatnya turnamen se-Provinsi tahun 2015 diadakan di Aceh. Tim Semarang sudah berangkat. Ayu masih saja di Semarang. Menunggu kabar dari Tim Sumatera Barat. Siapa tim yang akan berpasangan dengannya. Kapan ia akan berangkat. Tapi berita pahit harus ia terima saat itu. Sumatera Barat batal berangkat mengikuti turnamen tersebut. Ia sedih. Menangis berurai air mata. Berhari-hari air mata menemaninnya. Meratapi hal yang sama setiap harinya. Hatinya iba karena sesuatu yang sudah ia perjuangkan. Sesuatu yang ia bela sejak awal. Sesuatu yang ia yakini akan dapat membanggakan tanah kelahirannya. Ternyata hanya kecewa.

Karena dukungan adalah kepercayaan. Maka kepercayaan itu datang dari seorang wanita seperjuangannya bernama Tanti. Ayu memanggilnya Mbak Tanti. Berawal dari kepedulian itu. Tanti menanyakan keadaan Ayu. Apakah ia sudah tiba di Aceh untuk mewakili Sumatera Barat. Pertanyaan yang membuatnya sedih. Tapi berujung kebahagiaan. Ia ceritakan kenyataan menyedihkan itu. Sesuatu yang dilakukan dari hati akan sampai ke hati. Ayu begitu yakin akan mewakili Sumatera Barat. Ia perjuangkan pilihannya sekuat hatinya. Sampai membuatnya terluka juga. Tanti tersentuh hatinya. Sebuah tiket untuknya berangkat ke Aceh bukti dukungan dan kepercayaan Tanti untuk Ayu.

Masa sulit telah ditempuh Ayu. Tahun 2018 ini Ayu akan mewakili Indonesia di Asian Games di cabang olahraga Bridge. Asian Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia. Sejarah Asian Games mencatat Indonesia menjadi Runner-up pertandingan bergengsi ini di tahun 1962. Saat itu Indonesia menjadi Tuan Rumah Asian Games. Itulah salah satu prestasi terbaik Indonesia selama Asian Games yang diadakan sejak tahun 1951. Menurutku, Salah satu alasan prestasi terbaik itu bisa diraih karena dukungan penuh seluruh rakyat Indonesia untuk Atlet Indonesia.

Tahun 2018 ini Indonesia punya kesempatan untuk mendukung langsung seluruh atlet Indonesia di Asian Games. Asian Games 2018 ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menargetkan posisi 10 besar klasemen dengan mengantongi 20 medali emas untuk Indonesia. Semoga dengan target ini dan kondisi dukungan yang akan diberikan langsung oleh warga Indonesia untuk Atlet Indonesia menjadi peluang untuk mengulang prestasi terbaik Indonesia di tahun 2018. Tulisan ini saya dedikasikan untuk mendukung Yunita Fytry sebagai Atlet dari salah satu cabang Olahraga baru di Asian Games dan dukungan Atlet Indonesia lainnya. Saya percaya Atlet Indonesia bisa dan mampu. suniintree

#dukungbersama #asiangames2018

Advertisements

3 thoughts on “Ayo! Kita Jadikan  Indonesia Juara dengan Dukung Bersama  Atlet Asian Games 2018”

  1. Indonesia tidak hanya punya Yunita Fytry, tapi punya banyak atlet-atlet potensial yang tentu akan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa. Sukses Asian games 2018 #IndonesiaJuara

    Like

  2. Indonesia is a wonderfull island with numerous potential atlets. But they are explorated maximally yet.
    I support fully the indonesian atlete in ASIAN GAME 2018.
    Buat ibu pertiwi bangga anak muda.
    #indonesia#dukungindonesia

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s